12 April 2009

Waspadai Quick Count, Apakah Parpol Harus Kawal Ketat Jumlah Suara


Hasil perhitungan cepat atau quick count berbagai lembaga survei telah beredar. Partai-partai peserta pemilu pun diminta agar lebih ketat mengawasi perhitungan suara dan tidak terlalu percaya hasil quick count.

"Perlu diwaspadai agar jangan sampai terjadi bahwa real count (penghitungan suara oleh KPU) justru menyesuaikan diri dengan hasil quickcount tersebut," ujar Ketua DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Yusron Uhza mahendra, Minggu (12/4/2009).

Menurut Yusron, agar ini tidak terjadi, semua partai harus mengawal ketat penghitungan suara oleh KPPS. Terutama agar input data ke komputer tidak bisa.

"Tidak adanya keterbukaann tentang partai mana yang membayar lembaga survei ini akan membuka peluang pembiasan oleh lembaga tersebut untuk keuntungan partai yang membayarnya," tambahnya.

Yusron menjelaskan parpol harus memastikan total seluruh suara yang masuk ke semua partai harus sama dengan jumlah suara sah yang masuk.

"Jika semua partai melakukan pengawasan melalui saksi-saksi di DPC atau PAC maka hasil real count mungkin akan beda jauh dengan quick count," tegasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Artikel Terbaru

Komentar Terbaru

R' News, Story, N Education Copyright © 2009 Template by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal Network Stop Dreaming Start Action