01 Mei 2009

Kesehatan Sistem Kekebalan Jumlah CD4


Satu akibat dari infeksi HIV adalah kerusakan pada sistem kekebalan tubuh kita. HIV membunuh satu jenis sel darah putih yang disebut sel CD4. Sel ini adalah bagian penting dari system kekebalan tubuh, dan jika ada jumlahnya kurang, sistem tersebut menjadi terlalu lemah untuk melawan infeksi.
Jumlah sel CD4 dapat dihitung melalui tes darah khusus. Jumlah normal pada orang sehat berkisar antara 500 sampai 1000. Setelah terinfeksi HIV, jumlah ini biasanya turun terus. Jadi kadar ini mencerminkan kesehatan system kekebalan tubu kita semakin rendah, semakin rusak system kekebalan.
Jika jumlah CD4 turun dibawah 200, ini menunjukan bahwa system kekebalan tubuh kita cukup rusak sehingga infeksi oportunistik dapat menyerang tubuh kita. Ini berarti kita sudah sampai masa AIDS. Kita dapat menahan system kekebalan tubuh kita tetap sehat dengan memakai obat antiretroviral.


Sarana tes CD4 tidak tersedia luas di Indonesia, dan biaya tesnya agak mahal. Karena sel CD4 adalah anggota golongan sel darah putih yang disebut limfosit, jumlah limfosit total juga dapat member gambar tentang kesehatan system kekebalan tubuh. Tes ini, yang biasa disebut sebagai total lympbocte count atau TLC, adalah murah dan dapat silaksanakan hamper disemua laboratorium.
TLC Pada orang sehat, TLC normal adalah kurang- lebih 2000. TLC 1.000 – 1.250 biasanya serupa dengan jumlah CD4 kurang-lebih 200.
Diusulkan orang HIV-positiv memeriksakan jumlah CD4 atau TLC setiap enam bulan.
Viral load adalah tes yang menunjukan banyaknya virus yang ada di aliran darah kita. Tes viral load tidak tersedia luas di Indonesia, dan harganya mahal.
Banyak orang merasa sehat walaupun jumlah CD4 atau TLC-nya rendah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Artikel Terbaru

Komentar Terbaru

R' News, Story, N Education Copyright © 2009 Template by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal Network Stop Dreaming Start Action