01 Mei 2009

Obat Antiretroviral


Dulu kita sering dengar AIDS disebut ‘penyakit’ yang tidak ada obatnya. ‘ ini pendapat yang salah! Sebagian besar infeksi oportunistik dapat diobati, bahkan dicegah, dengan obat yang tidak terlalu mahal dan tersedia luas. Dan sekarang ada obat yang lebih canggih, yang dapat memperlambat kegiatan HIV menginfeksi sel yang masih sehat. Obat ini disebut sebagai Obat Antiretroviral.
Untuk mengobati HIV, tidak boleh memakai satu jenis obat ini sendiri, sedikitnya kita harus pakai kombinasi dua jenis obat, tetapi agar terapi ini dapat efektif untuk jangka waktu yang lama, sebaiknya kita memakai kombinasi tiga obat. Terapi ini disebut sebagai terapi antiretroviral atau ART.


ART hanya berhasil jika dipakai secara patuh, sesuai dengan jadwal, biasanya dua kali sehari, setiap hari. Kalau dosis terlupa, keefektifan terapi akan cepat hilang.
Ada beberapa orang mengalami efek samping pada minggu pertama ketika memakai ART. Terutama pada mingu pertama penggunaan, penting sekali pengguna ART diawasi oleh dokter yang berpengalaman dengan terapi ini.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

he..he..he... brarti yang kena HIV mulai agak tenang nih...(",). oya... maju N tingkatkan terus Blog'nya Friend,..

Posting Komentar

 

Artikel Terbaru

Komentar Terbaru

R' News, Story, N Education Copyright © 2009 Template by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal Network Stop Dreaming Start Action